Home / Lipsus / Advetorial / Jelang Tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Pemda Butur Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

Jelang Tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Pemda Butur Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

Make Image responsiveMake Image responsive

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Butur , Mansur, S.Sos saat membacakan sambutan sekaligus mewakili Bupati membuka Sosialisasi Pendidikan Politik yang digelar Badan Kesbangpol Butur, Sabtu 4 Juni 2022.

SUARASULTRA.COM | BUTON UTARA – Jelang pelaksanaan tahapan pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi partai politik dan masyarakat bertempat di Aula Hotel Mulia, Sabtu, 4 Juni 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Buton Utara selaku unsur pemerintahan umum di daerah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan memelihara stabilitas politik dalam negeri jelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

Bupati Buton Utara, melalui Asisten satu Bidang Pemerintah Sekretariat Daerah (Setda) Buton Utara, Mansur., S.Sos., M.Si mengapresiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Buton Utara yang telah menginisiasi penyelenggaraan kegiatan sosialisasi tersebut.

Mansur mengatakan pihaknya mengapresiasi Kesbangpol Buton Utara yang telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pendidikan politik sebab dapat memberikan pemahaman dan pendidikan politik dalam rangka penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Ucapan terima kasih pantas diberikan kepada Badan Kesbangpol Butur yang telah menginisiasi penyelenggaraan kegiatan sosialisasi ini guna memberikan pemahaman dan pendidikan politik dalam rangka penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepada daerah serentak tahun 2024 berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah pusat,” ucap Mansur saat membacakan sambutan Bupati Butur dan sekaligus membuka resmi kegiatan sosialisasi tersebut

Dalam sambutannya, Mansur menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR),Pemerintah, Penyelenggara serta Pengawas Pemilihan Umum dalam hal ini KPU dan Bawaslu telah sepakat bahwa penyelenggaraan pemungutan suara pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD RI DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota akan dilaksanakan pada Rabu, tanggal 14 Februari 2024.

Sedangkan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota akan dilaksanakan pada Rabu tanggal 27 November 2024.

Suasana Sosialisasi Pendidikan Politik yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Buton Utara

Olehnya itu lanjut Mansur, mengingat banyaknya kegiatan dalam tahapan serta waktu pelaksanaan pemilu yang semakin dekat,  kemudian penyelenggaraan pemungutan suara yang lebih rumit dibanding pemilihan umum sebelumnya, maka langkah yang dilakukan Badan Kesbangpol yaitu melaksanakan sosialisasi pendidikan politik dengan menggandeng KPU dan Bawaslu Kabupaten Buton Utara patut mendapatkan apresiasi .

Mantan kadis BKKBN Buton Utara itu menyebut sosialisasi ini dianggap penting untuk memberikan motivasi dan pemahaman terhadap peserta tentang ide dan gagasan dalam mendorong proses  demokrasi mengahadapi pemilihan umum serentak 2024. Dukungan terhadap penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak tersebut wajib hukumnya.

Karena itu masih kata Mansur, pemerintah daerah melalui Badan Kesbangpol telah mempersiapkan segala sesuatunya dalam perencanaan kegiatan guna mendukung kelancaran proses  pemilu dan pilkada serentak 2024 mendatang.

Menurutnya, penyelenggaraan sosialisasi pendidikan politik ini di samping bertujuan untuk kepentingan pemilihan umum 2024 ke depan juga memiliki hubungan erat dengan kondisi  politik di daerah kita sekarang ini.

“Kurang lebih dua minggu lagi kita akan menyelenggarakan pilkades serentak,” ujarnya.

Melalui kesempatan ini, Mansur menyampaikan kepada para peserta agar setelah selesai mengikuti kegiatan ini dan kembali ke wilayahnya masing – masing dapat memberikan pencerahan dan pendidikan politik yang baik terhadap masyarakat.

“Sehingga  proses politik melalui ajang  demokrasi pada pemilihan kepala desa dapat berjalan lancar, aman dan terkendali sesuai harapan kita bersama,” pungkas Mansyur seraya membuka kegiatan tersebut secara resmi.

Untuk di ketahui, hadir sebagai narasumber kegiatan sosialisasi pendidikan politik yang digelar Pemda Butut tersebut yakni Anggota DPRD Sultra Abdul Salam Sahadia, Ketua KPU Butur Hasrudin dan sebagai penyelenggaraan Kepala Kesbangpol Butur Agus Pria Budiana juga turut memberikan materi.(Adv)

Laporan: Anto Lakansai

Editor: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!