Home / Lipsus / Advetorial / Rapat Paripurna DPRD Konawe, Dewan Sepakat Mengawal Aspirasi Rakyat Hasil Reses
Make Image responsive
Make Image responsive

Rapat Paripurna DPRD Konawe, Dewan Sepakat Mengawal Aspirasi Rakyat Hasil Reses

Make Image responsive

Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, SE,MM (kiri)

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Pascareses masa sidang ketiga tahun anggaran 2020, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Provinsi Sulaawesi Tenggara (Sultra) mengelar rapat paripurna di Ruang Rapat Utama, Senin (15/6/2020).

Wakil Ketua II DPRD Konawe Rusdianto, SE, MM saat ditemui usai paripurna menjelasakan bahwa rapat paripurna tesebut meruoakan agenda Dewan setiap selesai masa reses.

“Rapat Paripurna ini membahas hasil reses anggota. Semua aspirasi rakyat yang diserap oleh masing – masing anggota dewan di semua daerah pemilihan dibahas di sini,” kata Rusdianto Senin (15/6/2020).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Konawe ini mengatakan, dalam rapat paripurna tersebut disepakati tiga poin.

Pertama, untuk penyampaian hasil reses, pimpinan tidak lagi meminta seluruh anggota naik membacakan hasil rsses sebagai mana lazimnya. Tetapi pimpinan dewan mengarahkan laporan reses anggota diserahkan langsung kepada Kepala Sub Bagian (Kasubag) Reses berhubung dari 30 anggota masih ada yang laporannya belum rampung.

“Karena ini juga masih masa pandemi sehingga durasi pertemuan dipercepat tidak seperti biasanya. Ini juga sebagai langkah pencegahan terhadap penyebaran Covid-19,”jelasnya.

Kedua, lanjut Rusdianto menuturkan bahwa anggota meminta kepada pimpinan untuk segera mengurus pencairan anggaran reses mereka. Karena kata dia, anggota Dewan juga merasakan dampak pandemi. Tetapi sebagai wakil rakyat, Dewan Konawe lebih memikirkan rakyat dan merelakan anggaran dipangkas untuk penanggulangan dampak di masyarakat. Namun, setelah melaksanakan kewajiban sebagai wakil rakyat, masih kata Rusdianto, anggota juga tentu berharap anggarannya dicairkan.

“Kami pimpinnan sudah komunikasi dengan pihak BPKAD dan jawaban Kepala BKAD posisi keuangan daerah masih menunggu transfer PAD masuk, mudah-mudahan hari ini masuk sehingga hak-hak anggota segera dibayarkan,” tuturnya.

Kemudian untuk poin ketiga, Dewan Konawe dalam hal ini anggota DPRD Konawe berharap apa yang menjadi aspirasi masyarakat saat reses kemarin itu betul-betul menjadi perhatian bersama (DPRD-Pemda). Sehingga harapan masyarakat yang diserap saat reses dapat direalisasikan.

“Reses III DPRD Konawe dipastikan berkualitas, sehingga aspirasi masyarakat yang dijaring, pada saat pembahasan APBD 2021 itu didorong dan dipertahankan,” katanya.

“Anggota meminta kepada pimpinan untuk melakukan komunikasi intens sehingga apa yang menjadi aspirasi masyarakat saat reses itu terakomodir pada pembahasan anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2021 mendatang,” pungkasnya.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!