Home / Seni Budaya & Pariwisata / Hadiri Pengukuhan Petugas Adat, Rusdianto: Kegiatan Seperti Ini Harus Diberi Support
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

Hadiri Pengukuhan Petugas Adat, Rusdianto: Kegiatan Seperti Ini Harus Diberi Support

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

Prosesi Pengukuhan Petugas Adat Kelurahan Tuoy Kecamatan Unaaha.

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Kegiatan pelatihan kaderisasi perangkat adat bagi Tolea, Pabitara, Posudo, dan Pombowuleako tingkat Kelurahan Tuoy ditutup secara resmi pada Selasa 20 Desember 2022.

Acara penutupan sekaligus pengukuhan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Rusdianto, SE, MM, Lurah Tuoy Rustam, SE, Putobu Kecamatan Unaaha, Drs H. Bastaman Djasrun, M.Si.

Sebelumnya, Pemerintah Kelurahan Tuoy Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan
pelatihan kaderisasi perangkat adat bagi Tolea, Pabitara, Posudo, dan Pombowuleako pada 10 Desember 2022 lalu.

“Inae Konasara Ie Pinesara, Inae Liasara Ie Pinekasara” yang artinya “Siapa yang menghargai adat ia akan dihormati. Siapa yang melanggar adat ia akan diberi sanksi”.

Kegiatan pelestarian adat Tolaki ini diikuti oleh sembilan orang peserta yang terdiri dari tujuh laki – laki dan dua orang perempuan

Lurah Tuoy Rustam mengatakan pelatihan kaderisasi perangkat adat bagi Tolea, Pabitara, Posudo, dan Pombowuleako tingkat Kelurahan Tuoy ini dilaksanakan secara mandiri.

“Tujuannya untuk melatih para petugas adat dalam hal ini Tolea, Pabitara, Posudo, dan Pombowuleako. Saat ini di Kelurahan Tuoy kita memang kekurangan Tolea sehingga kegiatan ini penting untuk dilaksanakan sebagai bentuk pemberdayaan,’ kata Rustam.

Menurut Rustam, setelah dikukuhkan, kesembilan peserta ini nantinya akan menjalankan tugas sebagai petugas adat di Kelurahan Tuoy.

Sementara Wakil Ketua DPRD Konawe berharap kegiatan pelatihan seperti ini dapat dilaksanakan di tingkat kecamatan. Karena kata dia, ini bagian dari pelestarian adat Tolaki.

“Kegiatan seperti ini yang harus disupport. Insya Allah 2024 kita akan anggarkan melalui APBD, sehingga ke depan ada kaderisasi petugas adat kita,” janjinya.

Diketahui, kegiatan ini dapat terlaksana berkat support dari Lurah Tuoy Rustam, SE bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Konawe Rusdianto, SE, MM.

Laporan: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
error: Content is protected !!