Perayaan Tahun Baru Islam di Konawe Dihadiri Ribuan Santri

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

Ketgam : Dari Kiri ke Kanan, Kabag Kesra Konawe, Sukri Nur, S.Ag, M.Si, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, H.K Santoso, SE, M.Si, Kepela Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konawe, H. Ahmad Lita Rendelangi. S. Ag., M. Pd.

SUARASULTRA.COM, KONAWE – Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah/ 1 September 2019 di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggera (Sultra) dilaksanakan secara serentak di seluruh pesatren di Kabupaten Konawe.

Sukses pelaksanaan kegiatan tahun baru Islam di Konawe tahun ini berkat kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe dengan Kemeterian Agama ( Kemenag) Kabupaten Konawe dan Pengasuh Pondok Pesantren.

Puncak pelaksanaan Tahun Baru Islam di Kabupaten Konawe dilaksanakan di Pondok Pesantren Annur Azzubaidi di desa Larowiu Kecamatan Meluhu.

Ribuan Santri bersama Pengasuh Pondok Pesantren dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara hadir di Pondok Pesantren tersebut untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah.

Ketgam : Peserta Dzikir Akbar pada perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah di Pondok Pesantren Annur Azzubair di Desa Larowiu Kecamatan Meluhu, Minggu (1/9/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepela Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konawe, H. Ahmad Lita Rendelangi. S. Ag., M. Pd, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) H.K Santoso, SE, M.Si mewakili Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Kabag Kesra, Sukri Nur, S.Ag, M.Si.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Faqih Malang, Jawa Timur, KH. Faris Khoirul Anam, Lc, MH.I bersama Kyai lainnya dari pulau Jawa.

Kabag Kesra Kabupaten Konawe Sukri Nur mengatakan perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah dilaksanakan berbeda dari tahun – tahun sebelumnya.

Ketgam : Peserta Dzikir Akbar

Pada tahun ini kata dia, banyak rangkaian acara yang dilaksabakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe bersama Kementerian Agama Kabupaten Konawe.

Rangkaian kegiatan yang dimaksud adalah Khitanan massal, Khataman Al-Qur’an di 20 Majelis (Bilghaib), Do’a akhir tahun baru Hijriah, do’a awal tahun baru Hijriah, pembacaan tahlil dan do’a bersama.

Dan pada puncak perayaan, tepatnya hari Minggu 1 Muharram 1441 Hijriah/ 1 September 2019 Masehi dilakukan kegiatan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, Istighosah, pembacaan Ratibul Hadad, pembacaan tahlil dan Mauidoh Hasanah dan Do’a.

“Hari Kamis dan Jum’at kita laksanakan Khitanan Massal, Jum’at kita Khataman Al-Qur’an di 20 Majelis (Bilghoib) dan hari ini, Minggu kita laksanakan Dzikir Akbar,” tuturnya.

Sebelumnya kata Sukri, perayaan 1 Muharram di Kabupaten Konawe dilakukan dengan cara Pawai Ta’ruf. Namun kali ini dilaksanakan dengan cara Do’a bersama dan berbagai rangkaian acara seperti Khitanan massal, Pengajian dan Dzikir Akbar.

“Kenapa tahun ini kita arahkan kegiatan ke pesantren-pesantren? Karena ini titik pembinaannya di pesantren dan tentu kita harapkan imbasnya ke masyarakat itu besar,” kata Sukri Nur.

Menurut Sukri, untuk perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah/ 2020 Masehi, Pemda Konawe dimungkin melaksanakan dengan cara berbeda.

“Tahun lalu kan kita laksanakan dengan Pawai Ta’ruf, tahun ini dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti Khitanan massal, Khataman Al-Qur’an dan Zdikir Akbar. Mungkin tahun depan dengan cara berbeda lagi yang akan kita lakukan untuk merayakan tahun baru Islam ini,” tutupnya.

Laporan : Redaksi

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Bupati Konawe Harmin Ramba Dijadwalkan Pimpin Upacara Hardiknas Tahun 2024

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM dijadwalkan bakal memimpin ...

error: Content is protected !!