Pimpinan Definitif DPRD Konawe Resmi Diambil Sumpah, H. Ardin Pertahankan Palu Sidang

  • Share
Ketgam : Dari kiri ke kanan, Rusdianto, S.E., M.M., Dr.H. Ardin, S.Sos., M.Si., Kadek Rai Sudiani saat diambil sumpah janji sebagai Pimpinan Definitif (Ketua dan Wakil Ketua) DPRD Konawe masa jabatan 2019--2024, Jumat (27/9/2019) di ruang rapat Paripurna DPRD Konawe.

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Ketgam : Dari kiri ke kanan, Rusdianto, S.E., M.M., Dr.H. Ardin, S.Sos., M.Si., Kadek Rai Sudiani saat diambil sumpah janji sebagai Pimpinan Definitif (Ketua dan Wakil Ketua) DPRD Konawe masa jabatan 2019–2024, Jumat (27/9/2019) di ruang rapat Paripurna DPRD Konawe.(Foto: Bagian Humas Pemda Konawe)

SUARASULTRA.COM, KONAWE – Dewan Perwilakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe menggelar Rapat Pleno peresmian dan pengambilan sumpah/janji pimpinan definitif masa jabatan 2019–2024, Jumat (27/9/2019).

Peresmian dan pengambilan sumpah/janji pimpinan definitif DPRD Konawe ini oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Unaaha dan disaksikan oleh dua rohaniawan.

banner 336x280

Rapat pleno ini dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Konawe, Dr.Ferdinan Sapan, S.P., M.H., pimpinan partai politik, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Muhammad Azwar, S.Sos., M.Si., bersama Komisioner, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe Sabdah, S.Pd.I., pejabat eselon lingkup Pemda Konawe, dan undangan lainnya.

Ketgam : Pimpinan definitif DPRD Konawe langsung menduduki kursi pimpinan usai peresmian dan pengambilan sumpah/janji, Jumat (27/9/2019).

Dalam sambutannya, Dr. H. Ardin, S.Sos.,M.Si., menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya acara yang dimaksud.

“Alhamdulillahirobbil aalamiin, baru saja kita ikuti dan saksikan pengambilan sumpah/janji Pimpinan DPRD Kabupaten Konawe,” kata H. Ardin mengawali sambutannya.

Kata Ardin, hal ini sesuai dengan amanat pasal 376 UndangUndang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. bahwa pimpinan DPRD Kabupaten/Kota berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi dan suara terbanyak.

Diketahui, khususnya di Kabupaten Konawe, Pimpinan DPRD terdiri atas 1 (satu) orang ketua dan 2 (dua) orang wakil ketua. Alhasil, berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Konawe tercatat, Partai Amanat Nasional (PAN) memperoleh kursi dan suara terbanyak pertama yakni sebanyak 8 kursi, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memperoleh kursi dan suara terbanyak kedua yakni sebanyak 5 kursi, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDl-P) memperoleh kursi dan suara terbanyak ketiga yakni sebanyak 4 kursi.

Ketgam : Suasana rapat pleno DPRD Konawe sebelum peresmian dan pengambilan sumpah/janji pimpinan definitif DPRD Konawe masa jabatan 2019–2024.

Berdasarkan keputusan pimpinan partai, masing-masing PAN, Partai Gerindra, dan PDl-P telah mengamanahkan kepada Dr. H. Ardin, S.Sos.,M.Si, Kadek Rai Sudiani, dan Rusdianto, S E.,M.M., sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPRD Konawe masa jabatan 2019–2024.

Oleh karena itu, melalui kesempatan ini, selaku pimpinan Ardin menyampaikan terima kasih dan penghargaan tertinggi kepada H. Sulkifli Hasan selaku Ketua Umum PAN, Bapak H. Abdurrahman Saleh selaku Ketua Dewan Pimoinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Gusli Topan Sahara, ST.,M.M., selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kabupaten Konawe dengan kontribusi nyata kepartaian sehingga PAN Konawe mempertahankan perolehan suara dan kursi terbanyak hingga tetap menakhodai Iembaga legislatif kabupaten setempat.

Selanjutnya kepada H. Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra, H. Imran, SH.,M.Si., selaku Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Tenggara, dan H. Wahyu Ade Pratama Imran, S.H., selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Konawe.

Kemudian, kepada Hj. Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP, Drs. H. Abu Hasan selaku Ketua DPD PDIP Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Rusdianto, S.E.,M.M., selaku Ketua DPC PDIP Kabupaten Konawe.

“Ucapan terima kasih kami haturkan kepada Gubemur Sulawesi Tenggara Bapak H. Ali Mazi, S.H., yang telah meresmikan kami sebagai Pimpinan DPRD Kabupaten Konawe masa jabatan 2019–2024 melalui Surat Keputusan Gubemur Sulawesi Tenggara Nomor 448 Tahun 2019,” ucapnya.

Sebelumnya, Dr.H.Ardin menjabat sebagai Ketua DPRD Konawe menggantikan Ketua DPRD Konawe sebelumnya, Gusli Topan Sabara yang memilih mundur untuk berkontestasi pada Pilkada 2018 mendampingi Bupati Petahana, Kery Saiful Konggoasa. Pada pilkada tersebut, pasangan Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konawe periode 2018–2023.

Ketgam : Sesi menyanyikan lagu Padamu Negeri sebagai tanda berakhirnya rapat pleno peresmian dan pengambilan sumpah pimpinan definitif DPRD Kabupaten Konawe masa bakti 2019-2024.

Atas nama pimpinan beserta keluarga , Dr. H. Ardin tak lupa menghaturkan ucapan terima kasih dan penghargaan tertinggi kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Konawe yang telah berpartisipasi dalam Pemilu Legislatif tahun 2019 dan mempercayakan kepada ketiganya untuk menjadi pimpinan DPRD Kabupaten Konawe.

Ucapan terima kasih dan penghargaan tertinggi juga disampaikan kepada KPU Konawe dan jajaran penyelenggara Pemilu hingga KPPS yang telah melaksanakan tahapan Pemilu Legislatif dengan baik, serta kepada Bawaslu Konawe dan jajaran penyelenggara pengawasan sampai PPL yang telah mengawasi seluruh tahapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kepada saudara Bupati Konawe beserta jajaran pemerintah, Kapolres Konawe, Dan Dim 1417 H0 beserta jajarannya, terima kasih atas bantuan, dan dukungannya yang telah menciptakan suasana kondusif dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif pada April 2019 yang lalu hingga Peresmian Pengucapan Sumpah/janji Anggota DPRD Konawe pada tanggal 2 September 2019 hingga hari ini, peresmian pengucapan sumpah/janji Pimpinan DPRD Konawe,” kata H.Ardin dalam sambutannya.

Menurutnya, saat ini, kami (Ardin, Kadek Rai Sudiani, Rusdianto) telah menyandang status sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPRD Konawe. Predikat ini bukanlah untuk dijadikan euphoria semata, akan tetapi predikat ini telah diberikan oleh negara melalui suara masyarakat Konawe yang telah memilih dan mempercayakan serta memberikan amanahnya.

Hendaknya disadari, ini menjadi tanggung jawab moral untuk memimpin Iembaga legislatif ke arah yang kita cita-citakan sehingga dapat kami pertanggungjawabkan baik kepada masyarakat, daerah maupun kepada bangsa/negara dan terlebih
pertanggungjawaban ini kepada Allah SWT, karena Allah maha melihat dan mengetahui apa yang akan dilaksanakan, sedang dilaksanakan maupun telah dilaksanakan.

“Harus disadari pula bahwa ada tanggung jawab moral yang mesti dikembalikan kepada mereka yang telah memberi arti bagi keberadaan kita saat ini. Kapasitas dan kualitas kita sebagai pimpinan dewan harus diwujudkan melalui kapabilitas dalam memimpin, kemampuan menyampaikan aspirasi, ide dan gagasan serta kemampuan melihat dan menyelesaikan problem solving (penyelesaian masalah) demi kebutuhan masyarakat Kab. Konawe yang kita wakili,”terangnya.

Dalam frame work (kerangka) organisasi, ini semua tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh seluruh elemen dalam lembaga legislatif ini. Pimpinan dan Anggota Dewan adalah satu kesatuan yang utuh. Oleh karena itu, marilah kita bersama dan bekerja sama demi kemajuan daerah yang kita cintai ini. Tidak perlu ada pertentangan, prasangka buruk ataupun membangun image (gambar) negatif terhadap keberadaan kami selaku pimpinan dewan saat ini.

“Komitmen kami bertiga sebagai Pimpinan DPRD Konawe masa jabatan 2019 2024, bahwa dalam
menakhodai, implementasi fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi pengawasan,dan fungsi penganggaran akan terus menjaga martabat dan marwah lembaga legislatif ini sehingga tidak menimbulkan citra dan preseden buruk yang bertentangan dan berakibat hukum baik secara keanggotaan maupun secara kelembagaan,” janji politikus Partai Amanat Nasional itu.

“Akhirnya, saya mengajak kepada kita sekalian untuk memohon kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. kiranya senantiasa memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita semua serta membimbing cita-cita luhur pemerintah, DPRD, dan masyarakat Kabupaten Konawe menunju masa depan yang sejahtera. Amin Yaa Robbal Aalamiin,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, S.T., M.M., meminta kepada DPRD Konawe secara kelembagaan untuk memberi dukungan penuh dalam mennyukseskan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Konawe terutama dalam program unggulan. Yakni sejuta sapi, sejuta ton beras, dan seribu kolam.

Menurut Gusli, berdasarkan Undang-Undang DPRD saat ini merupakan penyelenggara pemerintahan bersama pemerintah daerah. Sehingga sinergitas antara Eksekutif dan legislatif sangat menentukan pelaksanaan pembengunan di Kabupaten Konawe menuju kesejahteraan sesungguhnya, menuju masyarakat Konawe Gemilang.

Laporan: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
banner 120x600
  • Share
error: Content is protected !!