Home / Sultra Raya / Danlanud HLO Letkol Pnb Murham Jayahadi: AWOS Alat Satu – Satunya Penerbangan yang Ada di Sultra

Danlanud HLO Letkol Pnb Murham Jayahadi: AWOS Alat Satu – Satunya Penerbangan yang Ada di Sultra

Make Image responsive

SUARASULTRA.COM, KENDARI – Dalam menyikapi semakin padatnya traffic penerbangan baik militer maupun sipil di Bandara HO Kendari Sultra, Lanud HaluOleo semakin melengkapi kesiapan peralatan dalam hal mendukung kelancaran penerbangan salah satunya dengan memasang Authomatic Weather Observation System (AWOS).

 

Dimana AWOS ini berfungsi secara otomatis untuk membantu pengamatan atau observasi cuaca lebih lengkap dan presisi, sehingga memberikan informasi sangat dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan tace-off and landing sebuah pesawat di landasan pacu dengan aman.

 

Selanjutnya untuk menguji kelayakan alat yang baru tuntas diinstal ini, Tim gabungan dari Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabesau) Jakarta melakukan peninjauan dan pengecekan secara langsung. Dengan harapan AWOS akan memberikan kontribusi keselamatan dalam penerbangan di bandara Halu Oleo tersebut.

 

Dimana tanggung jawab pengamanan merupakan kehormatan pangkalan TNI AU HLO sesuai dengan Keppres RI No 63 2004 tentang pengamanan obyek vital nasional serta SKB 3 Menteri tentang pengaturan penggunaan bersama pangkalan udara dan bandar udara.

 

Tim Gabungan dari Mabasau dan Danlanud HLO Letkol Pnb Murham Jayahadi Saat Meninjau dan Mengecek AWOS. FOTO : Adam

Danlanud HLO Letkol Pnb Muhram Jayahadi Kusuma mengatakan, Alat (AWOS, red) ini untuk membantu penerbangan. Dalam artian di titik mana saja pihaknya dalam hal ini Pilot membutuhkan informasi keadaan cuaca yang terkini. Dengan alat tersebut bisa diketahui secara langsung.

 

“Di titik titik mana saja bisa kita liat utara barat timur selatan dan situ juga masih ada awan agar bisa mengerti bahwa di sini akan terjadi awan tebal dan lain lain,” ucapnya saat turun langsung mengecek AWOS tersebut. Kamis, (16/11).

 

Dengan adanya AWOS ini lanjutnya, sangat membantu daripada HLO dan masyarakat lainnya dalam hal melakukan penerbangan. Alat ini satu-satunya di penerbangan yang ada di Sultra, karena ini pengadaan langsung TNI AU.

 

“Lanud-Lanud lain sudah, kalau di Sultra baru HLO Kendari, dan sebelumnya kita menggunakan alat manual untuk melihat gerak angin, namun dengan hadirnya AWOS ini kita bisa mendekteksi keadaan yang membahayakan ketika melakukan penerbangan,” tambah Murham Jayahadi.

 

Murham menjelaskan, dengan kelengkapan AWOS alat modern ini menjadikan Lanud HaluOleo Kendari sebagai pangkalan udara yang sudah siap dan mampu mendukung kegiatan penerbangan dalam tingkat safety yang lebih tinggi dari sebelumnya dan juga memberikan informasi keadaan cuaca secara lengkap dan akurat.

 

“Ini sangat penting, karena menyangkut keselamatan awak penumpang dan pilot,” jelasnya.

 

Untuk diketahui Tim gabungan dari Mabesau yakni, Kolonel Pnb pip Darmanto, SE (Sesdisbangopsau) dan Letkol Sus Adi Susanto (Kasubdis Meteo), tim melaksanakan uji Fungsi AWOS yang berada di Runway Lanud HaluOleo.

 

Laporan : Adam

 

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsiveMake Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

error: Content is protected !!