Pemda Konawe Laksanakan Kegiatan Expo Peternakan dan Panen Pedet

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

 

Kegiatan Inseminasi Buatan ( IB ) dalam rangka upaya khusus sapi indukan wajib bunting ( UPSUS SIWAB ) di desa Ahuloa Kecamatan Meluhu ( 6/12/2017 ). Tampak salah satu petugas peternakan sedang menyuntikan mani beku ke sapi indukan. FOTO : SUKARDI MUHTAR

SUARASULTRA.COM, UNAAHA- Pemerintah daerah Kabupaten Konawe melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan melaksanakan kegiatan Expo Peternakan dan panen Pedet tingkat Kabupaten Konawe tahun 2017 di desa Ahuloa, Kecamatan Meluhu, Rabu ( 6/12/2017 ).

 

Program Unggulan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Konawe adalah Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting ( UPSUS SIWAB ).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Konawe, Parinringi,Sekretaris Diroktrat Jenderal ( Ditjen ) Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI,Nasrullah,Kepala Balai Besar Peternakan Maros, Sularsono, Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sultra, Kapolres Konawe, AKBP Muh Nur Akbar dan Anggota DPRD Konawe dari Dapil III, Eko Sudarsono.

 

Turut hadir pula segenap kepala SKPD, Danpos Meluhu, Serda Muh Tahir Kapolsek Wawotobi, Iptu Saftu Dirman, para camat serta sejumlah KUPTD, Kades serta masyarakat petani ternak setempat.

 

Bupati Konawe dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Parinringi mengatakan pembangunan sektor peternakan merupakan salah satu agenda dan prioritas pembangunan pemerintah Kabupaten Konawe, mengingat potensinya yang sangat besar dan cukup tersedia.

 

“Kita memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang cukup potensial untuk meningkatkan dan mengembangkan komoditas peternakan khususnya ternak sapi,” katanya.

 

Tampak sekretaris ditjen peternakan kementrrian RI, Nasrullah ( topi biru ) saat foto bersama dengan Wakil Bupati Konawe, Parinringi ( kemeja putih ) anggota DPRD Konawe, Eko Sudarsono ( pakaian safari ) dan Kapolres Konawe, AKBP Muh Nur Akbar ( kiri ) serta Kadis peternakan Konawe, Jumrin SPt ( kedua dari kiri )

Menurutnya, pemerintah Kabupaten Konawe telah melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan populasi ternak khususnya ternak sapi. Diantaranya dengan mendukung program gertak birahi inseminasi buatan ( GBIB ) dan inseminasi buatan ( IB ) reguker tahun 2016 serta program upaya khusus sapi indukan wajib bunting ( UPSUS SIWAB ) tahun 2017.

 

“Hasilnya dapat kita lihat dan saksikan hari ini. Dan kita akan terus mendukung kegiatan serupa di tahun berikutnya sebagai wujud komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khusunya yang bergerak di sektor peternakan,” kata Parinringi.

 

Selain itu, Parinringi menyebut pemerintah Kabupaten Konawe akan terus berperan dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas ternak khususnya ternak sapi dan Ruminansia besar lainnya melalui berbagai program dan kegiatan diantaranya yang telah dilakukan adalah pendistrobusian ternak sapi potong, sapi perah, kambing, itik dan ayam.

 

Penyediaan prasarana dan sarana peternakan berupa bantuan kandang sapi potong, kandang sapi perah, kandang unggas dan kandang unggas pedaging.

 

Serta prasarana dan sarana inseminasi buatan.berupa straw atau mani beku, nitrogen cair, dan peralatan untuk petugas inseminasi buatan dan pelayanan kesehatan hewan.

 

“Kegiatan tersebut akannyerus kita tingkatkan dan kita kembangkan dengan harapan tujuan pembangunan peternakan dapat tercapai. Dengan demikian pemda Konawe telah turut berperan dalam upaya pencapaian swasembada daging nasional, ” kata Kery dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Konawe, Parinringi SE MSi.

 

Laporan : Redaksi

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Siap Cetak Pembalap Handal, KONI Kolaka Timur Bakal Fasiltasi Pelatihan Rider di Yogyakarta

SUARASULTRA.COM | KOLTIM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) bakal berangkatkan ...

error: Content is protected !!