Hilangkan Prasangka Negatif, Imigrasi Kelas I Kendari Ciptakan Pelayanan Transparan

Ketgam : Kepala Imigrasi Kelas I Kendari, Barron Ichsan : Adam

SUARASULTRA.COM, KENDARI – Imigrasi Kelas I Kendari saat ini telah menciptakan pelayanan lebih transparan. Langkah ini dilakukan Imigrasi Kendari agar masyarakat tidak berpikir negatif.

 

Bukan hanya itu, tahun 2019 mendatang Imigrasi Kelas I Kendari akan bekerja sama dengan BNI untuk memudahkan masyarakat yang urus paspor mengingat jarak Bank BNI dengan kantor Imigrasi Kendari jaraknya tidak terlalu jauh. Selesai buat paspor langsung membayar lewat BNI tersebut, tanpa melalui perantara.

 

Selain Bank BNI, Imigrasi juga akan bekerja sama dengan Kantor Pos. Jadi ketika masyarakat mengurus paspor jauh dengan Kantor maka tidak harus berulang kali datang. Karena ketika paspor selesai maka pihak Kantor Pos yang mengantar di rumah warga.

 

Kepala Imigrasi Kelas I Kendari Barron Ichsan, Amd. Im, SH. M.Si menyampaikan, pihaknya selalu berupaya memberikan pelayan prima kepada masyarakat.

 

Sebelumnya ada skat skat petugas pelayanan dengan masyarakat. Namun ketika dirinya dipercayakan untuk memimpin Imigrasi maka skat tersebut dibuka.

 

“Saya menginginkan masyarakat ikut mengawasi petugas pelayanan kami, sehingga tidak timbul pemikiran yang negatif,” tegasnya saat ditemui di kantornya, Kamis, (27/12).

 

Bukan hanya itu, pejabat struktural yang bertugas di pelayanan ruangannya dipangkas. Sebelumnya tertutup dan sekarang dibuka serta dimajukan kedepan. Dengan demikian, ketika ada komplen dari masyarakat terkait pelayanan petugas Imigrasi, maka pejabat struktural tersebut bisa langsung monitor.

 

“Bisa langsung handle masalah ini, agar tidak kemana mana masalahnya,” urainya.

 

Selain itu ia juga menjelaskan, ruang cetak paspor juga ia rubah. Ada ruang yang dibatasi dengan kaca, sehingga masyarakat bisa melihat namun tidak bisa ikut cetak dan lain sebagainya. Semua pemohon bisa melihat langsung bagaimana cetak paspor itu. Ada unsur edukasinya di situ, namun tidak bisa memegang.

 

Ia berharap seluruh petugas pelayanan memaksimalkan tupoksinya, agar masyarakat merasa terbantu atau berterima kasih dengan pelayanan yang diberikan.

 

“Kalau bisa dikerjakan hari ini, ia selesaikan hari ini juga,” tutup Barron sapaan akrabnya.

 

Laporan : Adam

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...