Home / Sultra Raya / Putus Rantai Penyebaran Virus Corona, Pemda Konut Semprotkan Disinfektan di Akses Keluar-Masuk Wilayah Konut
Make Image responsive
Make Image responsive

Putus Rantai Penyebaran Virus Corona, Pemda Konut Semprotkan Disinfektan di Akses Keluar-Masuk Wilayah Konut

Bupati Konut H. Ruksamin (ke empat dari kanan), Kapolres Konut AKBP Achmad Fathul Ulum, S. I. K (Kedua dari kanan) saat melakukan proses penyemprotan disinfektan kepada pengendara yang melintas, Jumat (27/3/2020).

SUARASULTRA.COM | KONUT – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Menggelar Apel Gabungan Operasi Aman Nusa II dalam rangka memutus mata rantai Penyebaran Virus Corona Disease (COVID-19) di wilayah Kabupaten Konawe Utara.

Dalam Apel tersebut, Bupati Konawe Utara H.Ruksamin bertindak sebagai Pembina Apel. Hadir Tim gabungan Operasi Aman Nusa II antara lain Kapolres Konawe Utara, Kepala BNPB Konut, Kadis Perhuhubungan, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, dan Personel Polres Konut bertempat di lapangan Markas Komando Polres Konut pada Kamis (26/03/2020) kemarin .

Usai apel dan simulasi penyomprotan disinfektan, Bupati bersama Tim gabungan percepatan penanganan COVID-19 Konut melakukan peninjauan di simpang tiga Belalo yang merupakan perlintasan kendaraan dari arah Kabupaten Konawe menuju Konawe Utara.

Bupati Konut, H. Ruksamin mengatakan dengan melakukan penyemprotan disinfektan bagi kendaraan keluar dan masuk di tiga akses yakni depan Polsek Sawa, simpang tiga Belalo dan simpang tiga Langgikima diharapkan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Langkah ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Konut dalam melakukan pencegahan Virus Corona Desease (COVID 19) di Wilayah Konut dengan harapan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,”kata H. Ruksamin.

Dalam peninjauan itu, Tim terdiri dari Polri dan TNI yang bertugas memberhentikan semua kendaraan yang melintas, Dinas Kesehatan melakukan pemerisaan suhu badan dan membagikan masker secara gratis dan selanjutnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah Konut melakukan penyemprotan disinfektan pada pengendara dan kendaraannya.

Hal tersebut diberlakukan di setiap Pos Pemeriksaan. Setelah melakukan peninjauan di simpang tiga Belalo, Bupati Konut melanjutkan peninjauan serupa di pos depan Polsek Sawa yang berasal dari arah Kota Kendari menuju wilayah Konut.

Sementara itu, pengawasan jalur antar provinsi, Pemda Konut memberlakukan portal buka tutup di Simpang tiga Desa Polora Kecamatan Langgikima.

“Daerah itu merupakan pintu masuk dari arah Sulteng menunju Sultra, maupun sebaliknya,” ucap Bupati Konut.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Konut, La Ode Muh. Amanuddin menambahkan bahwa selain itu Pemda Konut juga akan melaksanakan penyemprotan disinfektan di 170 desa dan kelurahan di wilayah Konut.

“Penyemprotan dilakukan di rumah-rumah penduduk, rumah ibadah, fasilitas umum, dan gedung-gedung sekolah,” ujarnya.

Tidak hanya itu lanjut Amanuddin, Bupati Konut juga memerintahkan Kepada Seluruh Pimpinan OPD untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kantor masing-masing.

Kapolres Konut AKBP Achmad Fathul Ulum S. I. K mengatakan dalam kegiatan itu Polres Konut kerahkan 23 personel untuk bertugas di tiga pintu masuk dan keluar Konut .

“Personel kami ada di depan Polsek Sawa, Simpang tiga Lasolo – Meluhu dan simpang tiga Langgikima. Kemudian personel Polsek & Babhinkamtibmas melaksanakan penyemprotan disinfektan bersama-sama perangkat desa dan Babinsa di tempat-tempat pemukiman, pasar dan tempat ibadah,” jelas Achmad Fathul Ulum kepada Suarasultra.com.

Laporan: Aras Moita

About redaksi

Make Image responsive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top