Musrenbang di Kecamatan Sawa, Bupati Konut: SDM Wajib Ditingkatkan

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

Ketgam : Bupati Konut Dr. H. Ruksamin, ST, M.Si, IpM, ASEAN, Eng saat memberikan arahan dalam kegiatan Musrenbang di Kecamatan Sawa, Selasa (05/03/2019).

SUARASULTRA.COM, KONUT – Bupati Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara,(Sultra) Dr. H. Ruksamin, ST, M.Si, IpM, ASEAN, Eng membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2020.

 

Diketahui, hasil dari kegiatan Musrenbang dan RKPD tersebut nantinya akan menjadi acuan pelaksanaan pembangunan di daerah setempat.

 

Saat membuka kegiatan tersebut, Bupati Konut H. Ruksamin, menegaskan agar kegiatan Musrenbang dapat  diikuti dengan hikmat, sehingga arah kebijakan pembangunan melalui program Konasara dapat tingkatkan ke arah yang lebih baik.

 

Kemudian, untuk langkah pelaksanaan kegiatan pembangunan sebaiknya jangan hanya membangun fisik saja, tetapi Sumber Daya Manusia (SDM) juga kita harus bangun bersama.

 

“Saya harap seluruh Kades, Lurah dan Camat serta BPD agar mengikuti Musrenbang ini dengan cermat sampai tuntas. Saya harap juga agar dibdalam pelaksanaan pembangunan Sumber Daya Manusia wajib kita tingkatkan mulai dari tingkat perdesaan,” kata H. Ruksamin, Selasa (05/03/2019) di Aula Kecamatan Sawa .

 

Lebih lanjut Ketua DPW PBB Sultra itu menuturkan, kenapa peningkatan SDM itu penting?  Karena semua kegiatan pelaksanaan pembangunan jika tidak didukung SDM yang handal, Program Konasara tidak akan terwujud dengan baik.

 

Ketgam : Perserta Musrembang dan RKPD tahun 2020 tingkat Kecamatan Sawa.

“Saya ingin program mulai dari desa, jangan infrastruktur saja yang menjadi dominan, tetapi kita inginkan agar SDM di masyarakat juga perlu kita tingkatkan. Contoh pada sektor Pertanian, Perikanan, Kesehatan dan Pertambangan sejak tahun 2017 sampai saat ini, kita berikan  kesempatan kepada  putra-putri Konut untuk menimba ilmu ke beberapa universitas ternama di negeri ini bahkan sampai ke negeri Tirai Bambu China dan mereka yang sudah menyelesaikan pendidikan akan kita gunakan menjadi tenaga dalam pembangunan di daerah ini,” terangnya.

 

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Musrenbang Kecamatan yang juga Kepala BAPPEDA melalaui Kabid Ekonomi dan Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Konut Anis, SE, M.A.P mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk menyepakati dan membahas arah kebijakan perencanaan  pembangunan tingkat Perdesaan, Kelurahan pada tingkat Kecamatan.

 

“Kegiatan ini untuk menyepakati dan membahas perencanaan pembangunan desa dan kelurahan yang akan menjadi prioritas pelaksanaan pembangunan dan menjadi rencana kerja (Renja) kecamatan sebagaimana apa yang tertuang di dalam APBDes dan APBD Kabupaten. Termasuk kegiatan pemberdayaan dan mendengarkan usulan masyarakat,” katanya.

 

Diketahui, dalam kegiatan Musrenbang Pemda Konut yang dilakukan di 13 Kecamatan se -Kabupaten Konawe Utara itu diikuti oleh seluruh Kepala SKPD, Eselon 3 dan 4, anggota DPRD, para camat, Kades dan Lurah, unsur BPD, tokoh masyarakat , jajaran TNI dan Polri serta unsur Ormas dan insan PERS.

 

Sementara itu, khusus kegiatan Murenbang kecamatan Sawa hari ini sempat mendapat protes dari beberapa warga setempat karena dalam kegiatan tersebut  tidak satupun anggota DPRD Konut dari daerah pemilihan IV yang hadir.

 

“Dalam pelaksanaan Musrenbang inu kami nilai tidak sempurna, karena tidak seorangpun anggota Dewan di Wilayah Dapil IV yang hadir. Kemana mereka, inikan urusan rakyat,” keluh Lukman, SPd Kepsek SMPN 1 Sawa usai mengikuti kegiatan Musrenbang  tingkat Kecamatan sawa.

 

Laporan : Aras Moita
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Dua Kali Bawa Konawe Raih Kinerja Tinggi se-Indonesia, KSK Jadi Bupati Terbaik

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Mantan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) telah membuktikan kualitasnya selama ...

error: Content is protected !!