Pilkada, Pemilih Cerdas dan Politik Uang

Suasana Sosialisasi Yang Dihadiri Ketua KPU Sultra Hidayatullah. FOTO : Adam

SUARASULTRA.COM, KENDARI – Menyongsong pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra 2018 dan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara menggelar sosialisasi di desa Tumbuh Tumbuh Jaya, Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan.

 

Dalam sosialisasi tersebut Ketua KPU Sultra Hidayatullah menandatangani langsung dan kemudian memberikan tanda mata kepada Kepala Desa Tumbuh Tumbuh Jaya Sarmin. Dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh puluhan masyarakat Tumubuh Tumbuh Jaya.

 

Hidayatullah dalam kesempatan tersebut menyampaikan, terima kasih kepada warga setempat, karena sangat antusias mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan itu.

 

Sasaran sosialisasi ini dilakukan di daerah pesisir, yang tidak dapat mengakses internet, salah satunya desa Tumbuh Tumbuh Jaya, karena mereka susah mencari informasi terkait cara memilih dengan baik dan benar.

 

“Marilah kita memilih yang sesuai dengan keinginannya kita, jangan kita memilih karena ada dorongan dari salah seorang pasangan calon,” ucapnya saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi tersebut, Selasa, (26/12) sore.

 

Lanjutnya, KPU itu netral kepada semua calon, dan KPU bekerja untuk memfasilitasi masyarakat dalam melaksanakan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur ataupun Pemilu, agar masyarakat tidak diinterfensi dengan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

 

“Pemilih tidak boleh terjebak dengan uang, karena memilih itu merupakan pertanggungjawaban untuk kita,” tambah Hidayatullah.

 

Di tempat yang sama, Sekretaris Camat Kolono Timur Hamsir, SP M.Si mewakili Camat mengatakan, sosialisasi yang digelar KPU Sultra ini dapat dijadikan modal dalam melaksanakan pemilihan nanti.

 

“Kegiatan ini merupakan modal awal untuk kita semua, agar menjadi pemilih cerdas, dalam hal ini saat melaksanakan pemilihan kita tidak diintimidasi oleh orang lain,” ucapnya.

 

Menurutnya, dengan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan KPU Sultra, maka dapat meningkatkan Mitra KPU dalam mensuseskan pemilihan yang akan digelar pada 2018 dan pemilu 2019 dan masyarakat dapat terbentuk pengetahuan dalam melakukan pemilihan.

 

“Jangan lagi kita mau dibohongi atau termakan dengan janji-janji calon. Namun, marilah kita memilih sesuai dengan keinginannya kita,” ujar Hamsir.

 

Selain itu Hamsir menuturkan, di Kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan (Konsel ) ada sepuluh desa (10), namun yang dipilih KPU Sultra untuk melaksanakan sosialisasi untuk menjadi pemilih cerdas digelar di Desa Tumbuh Tumbuh Jaya.

 

“Kita harus berbangga, karena desa kita ditempatkan sebagai sosialisasi dan kita usahakan bagaimana caranya, agar desa kita ini dapat dijadikan cerminan untuk Kecamatan lain ataupun kabupaten lain,” katanya.

 

Laporan : Adam

 

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...