Peserta Kemah Eksekutif I di Konut Membludak

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

Ketgam: Ketua Kwarda sultra, Mabicab dan Ka.Kwarcab pramuka konut serta seluruh jajaran SKPD dan PKK Konut saat upacara pembukaan Kemah Eksekutif – I, di desa Tadoloiyo Kecamatan Oheo, Rabu (18/4/2018).

SUARASULTRA.COM , KONUT – Peserta perkemahan gerakan Pramuka Eksekutif I (Satu) Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), membludak.

 

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan pada acara Gerakan Pramuka tersebut. Dan semua itu telah disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta.

 

Ketua Kwartir Daerah Pramuka Sultra, H.Irawan Laliasa,M.Si, Rabu (18/4/2018) kemarin mengatakan kegiatan ini patut diapresiasi. Upaya pemerintah daerah menjadikan pramuka sebagai pemersatu seluruh pihak terkait, untuk itu pengenalan dini kepada masyarakat terus ditingkatkan.

 

“Saya salut dan apresiasi kwarcab Konut terutama pemerintah daerah Konut yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Karena melalui kegiatan seperti ini kita dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan seluruh elemen, pemerintah dan masyarakat,” puji mantan Sekda Konawe itu saat menghadiri Kemah Eksekutif di Desa Tadoloiyo Kecamatan Oheo.

 

Ditambahkan, ledakan peserta yang hadir juga membuatnya sebagai ketua Kwarda sangat mendukung kegiatan itu. Jumlah ini melampaui jumlah peserta di Kabupaten lain. Ini menandakan dukungan masyarakat terhadap pramuka telah berkembang pesat dalam membentuk karakter bangsa.

 

Sementara itu, Dr. Ruksamin saat membuka kegiatan Perkemahan Eksekutif I ini, Selaku Mabicab Pramuka Konut, menerangkan bahwa berdasarkan amanah undang – undang, gerakan pramuka merupakan kegiatan pendidikan di luar sekolah, keluarga dan untuk membentuk mental dan fisik bangsa yang berkepribadian mulia di alam terbuka.

 

“Presiden Soekarno berpesan pada saat menyerahkan panji gerakan pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubuwono ke-IX sebagai Ketua Kwarnas pada tanggal 14 Agustus 1961, beliau berpesan berusahalah sehebat-hebatnya untuk meluaskan gerakan kita, sampai pada setiap anak pemuda-pemudi kita, mahasiswa sampai pada pengembala kerbau di desa sehingga bangga mengatakan Aku Pramuka Indonesiam” terang Bupati Konut itu.

 

Menurut Ketua DPW PBB Sultra itu, seiring berkembangnya gerekan pramuka di daerah ini, pihaknya berkomitmen akan terus berinovasi mengembang program pramuka mulai Tondowatu sampai Tetewatu.

 

Sedangkan Ketua Kwartir Cabang Pramuka (Kwarcab) Konawe Utara, Raup, S.Ag mengatakan kegiatan kemah eksekutif I (satu ) tahun ini, dititik beratkan pada pengembangan diri peserta. Dan tahun ini kata dia,

ada kegiatan perkemahan Wirakarya IV pada bulan Juli 2018 dan panjat tebing STAIN se- Indonesia.

 

“Semua kegiatan ditempatkan di Bumi Perkemahan Oheo ini ,” kata Raup, S.Ag dihadapan seluruh peserta.

 

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Burhanuddin.B,S.Sos, M.Si menjelaskan, kegiatan perkemahan mulanya jadwal diikuti 7.695 peserta dan kini meningkat menjadi 8.000 orang.

 

Kegiatan itu dibuka pada tanggal 18 April 2018 dan berakhir pada tanggal 22 April 2018. Kegiatan tersebut juga melibatkan Forum Pimpinan Daerah Konut, TNI dan Polri, Pimpinan SKPD, Camat, Lurah dan Desa serta Tim Penggerak PKK Konut, Kwarcab dan Kwaran se- Kabupaten Konut, Satuan Karya (Saka) , Gugus Depan Se-Konut dan Palang Merah Indonesia (PMI) Konawe Utara.

 

“Dalam kegiatan Kemah Eksekutif I ini dibagi, kegiatan Khusus untuk tingkat SKPD, Camat, Desa dan kelurahan. Sementara tingkat Gudep , Kwartir ranting (Kwaran) dan Saka juga masing – masing terpisah kegiatan nya,” kata Burhanuddin usai mengikuti upacara pembukaan kemah eksekutif dan Universary 2 HUT Konasara, Rabu (18/4/2018) kemarin.

 

“Kita berharap, kegiatan ini berdampak positif terhadapa peserta. Tentunya diperlukan disiplin dan kerjasama dari seluruh pihak,” tambahnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, usai acara upacara pembukaan, akan dilaksanakan juga kegiatan olah raga, Lomba karaoke bagi kepala SKPD, Games, Out Bond, Bakti Sosial, Lomba Yel-yel bagi Camat dan Lurah serta Desa, gambus tradisional, lomba pesan berantai dan lomba busana pramuka.

 

“Diharapakan dalam kegiatan tersebut, nantinya berjalan dengan baik, tentu semua pihak terlibat secara masif dan terstruktur,” harap ketua pelaksana kegiatan itu.

 

Laporan : Aras.M

 

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Dua Kali Bawa Konawe Raih Kinerja Tinggi se-Indonesia, KSK Jadi Bupati Terbaik

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Mantan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) telah membuktikan kualitasnya selama ...

error: Content is protected !!