Gelar Buka Puasa Bersama di Tengah Pandemi Covid-19, Pemda Konawe Terapkan Protokol Kesehatan

  • Share
Suasana menjelang buka puasa di Pendopo Kantor Bupati Konawe, Selasa (27/4/2021).

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Suasana menjelang buka puasa di Pendopo Kantor Bupati Konawe, Selasa (27/4/2021).

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Memasuki puasa ke-15 Ramadhan 1442 Hijriah, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar buka puasa bersama di Aula Merah Putih (Pendopo) Kantor Bupati, Selasa (27/4/2021).

Buka puasa bersama di tengah pandemi Covid-19, panitia kegiatan memperketat protokol kesehatan (Prokes) untuk menjaga terjadi klaster baru. Di setiap sudut, panitia menyiapkan tempat cuci tangan bersama hand sanitizer. Bukan hanya itu, panitia juga menyiapkan masker bagi tamu undangan yang datang tidak menggunakan masker.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Konawe Ferdinand Sapan mengatakan buka puasa bersama kali ini dilaksanakan terbatas. Hal ini dilakukan kata dia, karena buka puasa di tengah pandemi Covid-19 sangat rentan jika mengumpulkan banyak orang. Olehnya itu, Ferdy sapaan akrab Sekda menyebut pemerintah Kabupaten Konawe membatasi jumlah undangan buka puasa bersama tersebut.

“Kami tidak mau mengambil risiko, tidak mau ada klaster baru di sini. Sehingga panitia tetap waspada. Protokol kesehatan menjadi sesuatu hal yang wajib dilakukan,” ujar mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe itu saat ditemui di lokasi buka puasa bersama.

Ketua DPRD Konawe H. Ardin mewakili Pemerintah Kabupaten Konawe memberikan sambutan pada acara buka puasa bersama di Pendopo Kantor Bupati Konawe, Selasa (27/4/2021).

Menurut Jenderal Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Konawe ini, disiplin yang tinggi dari masyarakat Konawe dalam menerapkan protokol kesehatan terhadap Covid-19 sangat membantu tugas dari Gugus Tugas. Kata dia, masyarakat Kabupaten Konawe sudah terbiasa menggunakan masker setiap keluar rumah. Tentu hal tersebut membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kesadaran masyarakat kita menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya sangat membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ,” tuturnya.

Melalui kesempatan tersebut, Ferdy kembali mengimbau seluruh masyarakat Konawe pada khususnya dan Sultra pada umumnya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Dengan tetap disiplin dan menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) maka, tidak lama lagi daerah ini Zero Covid-19.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe. H. Ardin mewakili pemerintah daerah selaku unsur penyelenggara pemerintahan dalam sambutannya berharap di bulan Ramadhan ini kita semua menjadi insan yang bertaqwa.

Sehingga diharapkan oleh pemerintah daerah kita tetap menjaga pola pikir, sikap dan perilaku baik agar nantinya setelah bulan Ramadhan ini kita dapat membawa daerah Kabupaten Konawe ke arah yang lebih baik lagi ke depannya.

“Semoga daerah ini lebih baik lagi. Menjadi Konawe Gemilang bahkan menjadi Sultra Gemilang,” kata Ardin yang disambut dengan ucapan Aamiin dari para hadirin.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Unaaha Samsul Marham saat menyampaikan Kultum

Di akhir sambutan, atas nama pemerintah daerah, H. Ardin mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya atas kedatangan tamu dalam menghadiri undangan buka puasa bersama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe.

“Mudah – mudahan kita semua termasuk dalam golongan orang – orang yang bertaqwa di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” pungkasnya.

Diketahui, hadir dalam acara keagamaan tersebut, Ibu Bupati Konawe Vince Kery Saiful Konggoasa, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah (Sekda) Ferdinand Sapan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kantor Kementerian Agama Konawe, Majelis Ulama Indonesia, sejumlah Camat, Insan Pers dan tamu undangan lainnya.

Sebelum buka puasa bersama, terlebih dahulu hadirin mengikuti kuliah tujuh menit (Kultum) yang disampaikan oleh Kepala Urusan Agama (KUA) Unaaha, Samsul Marham SH.I, MA, dengan judul Hikmah Puasa Ramadhan.

Laporan: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
banner 120x600
  • Share
error: Content is protected !!