Gandeng UGM, PT Erela Gelar Operasi Katarak Gratis di RSUD Konawe

  • Share

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

SUARASULTRA.COM | KONAWE – PT Erlangga Edi Laboratories (Erela) menggelar bakti sosial (Baksos) berupa operasi katarak di Rumah Sakit Umum (RSUD) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) selama dua hari (Minggu-Senin/ 15-16 September 2024).

Dalam kegiatan baksos operasi katarak ini, PT Erela bekerja sama dengan dokter dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Hal tersebut disampaikan oleh
Product Manager PT Erela, Andriani Tjahyaningsih Larosa saat diwawancara oleh awak media ini, Sabtu 14 September 2024.

“Kami dari PT Erela sedang menggelar operasi katarak gratis. Untuk mensupport kegitan baksos ini, kami dibantu oleh dokter mata dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta,” kata Andriani.

Menurut Andriani operasi katarak ini dilakukan dalam rangka membantu masyarakat penderita katarak yang belum memiliki BPJS Kesehatan atau kurang mampu agar bisa melihat kembali dan tidak tergantung dari orang lain dalam menjalankan aktivitasnya.

Lebih lanjut Andriani menjelaskan bahwa sebagai perusahaan farmasi yang menyediakan banyak macam obat obatan dan ada sekitar seratusan obat mata yang sudah standar BPOM tersebar di seluruh Indonesia, PT Erela secara rutin melakukan bakti sosial di Pulau Jawa dan beberapa daerah di luar Jawa.

“Tentu kami juga memiliki beban sosial CSR yang harus disalurkan melalui baksos dalam bentuk operasi katarak gratis dan itu rutin kami lakukan dua tahun terakhir. Dan untuk tahun ini sudah baksos yang ke-19 ,” jelasnya.

Selanjutnya Andriani menyebut dalam
baksos kali ini, pihaknya menargetkan operasi katarak gratis bagi 100 pasien kurang mampu atau tidak memiliki BPJS Kesehatan. Sehingga dirinya berharap penderita penyakit katarak bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berobat secara gratis dengan harapan bisa melihat kembali. Karena kata dia, melihat itu adalah anugerah.

“Harapannya, dengan kami ikut berpartisipasi membantu pemerintah memberantas kebutaan di Indonesia, kami
bisa berperanlah dalam mengurangi kebutaan di Indonesia yang memang kita ketuhui kasus cukup banyak,” harap Andirani Tjahyaningsih Larosa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media ini, dari target 100 pasien katarak yang akan dilakukan operasi secara gratis, baru sekitar 50 pasien yang telah melakukan screening.

Oleh karenanya, pihak PT Erela berharap semua pihak bisa membantu agar pasien atau penderita yang terkendala operasional nya untuk dibantu dan difasilitasi agar kegiatan baksos operasi katarak ini bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan dengan baik.

Diketahui kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat Bupati Stanley, SE, S.SiT, MM yang diwakili oleh Asisten II Setda Konawe Muh. Akbar, SP, M.Si, Waka Polres Konawe Kompol Jamaluddin Saho, S.Hi, Dewan Pengawas RSUD HK Santoso, SE, M.Si, Perwakilan Pabung Konawe dan sejumlah pasien katarak.

Laporan: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
banner 120x600
  • Share
error: Content is protected !!