Mengenal Lebih Jauh Sosok Andang Masnur, Divisi SDM dan Parmas KPU Konawe

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

Ketgam : Andang Masnur, S.Pd, M.Pd, Komisioner KPU Konawe, Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat

KONAWE – Sebagai salah satu ponggawa penyelenggara pemilihan umum di Konawe (Komisioner KPU) akhir-akhir ini nama Andang Masnur acap kali menghiasi rubrik berita di beberapa media cetak maupun online.

 

Selain pemberitaan seputar tahapan pelaksanaan Pemilu, publik juga bisa menemukan karya tulisnya dalam kolom Opini di beberapa media yang mengulas seputar dunia demokrasi. Seperti tulisan berjudul Saat Akronim “Menyandera Makna Bahasa” (Januari 2018) terbit pada kolom Opini SultraKini.com, Menjadi Penyelenggara Pemilu yang Gembira (Desember 2018) pada kolom Opini Kendari Pos, Relung Jingga Penyelenggara Pemilu (Desember 2018) pada Kolom Opini PenaSultra.com, Sisi Waras Niat Mendata Orang Gila (Desember 2018) pada Kolom Opini Kendari Pos, dan Kotak Kardus dan Spekulasi Kecurangan Pemilu (Desember 2018) pada kolom opini detiksultra.comdan Kendari Pos.

 

Lahir 31 tahun yang lalu, tepat tanggal 22 Januari 1988 di Abuki, Andang sapaan akrabnya besar dan tumbuh dewasa dari keluarga yang sangat sederhana. Anak sulung dari 4 bersaudara ini dikenal sebagai pribadi yang mandiri.

 

Berlatar belakang sebagai aktivis mahasiswa di Universitas Lakidende dalam kurun waktu 2005-2010 menjadikan dirinya akrab dengan para jurnalis di Konawe. Tercatat ada beberapa organisasi aksi yang di dalamnya ada nama Andang Masnur kala itu. Sebut saja Koalisi Masyarakat Pemerhati Konawe (Kompak), Gerakan Almamater Ungu (Gaung), Gerakan Mahasiswa Pemerhati Aspirasi Rakyat (Gempar).

 

Ketgam : Divisi SDM dan Parmas KPU Konawe, Andang Masnur, S.Pd, M.Pd

Andang juga dikenal malang melintang sebagai organisatoris baik eksternal maupun internal kampus. Di eksternal kampus tercatat sebagai Ketua Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Unilaki tahun 2009-2011. Sedangkan di internal kampus menjadi ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMABSI) tahun 2009 dan Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) atau Senat Mahasiswa Unilaki tahun 2011.

 

Meski dikenal kritis saat masih duduk di bangku kuliah, tetapi pria dengan tinggi badan 157 centimeter itu tidak jumawa dalam memulai karirnya. Tahun 2010 Andang diangkat menjadi ASN (PNS kala itu) dan ditugaskan pada salah satu sekolah dasar (SD) di Kecamatan Abuki. Setelah tiga tahun bertugas, Andang kemudian mendapatkan tugas belajar sebagai Mahasiswa Pasca Sarjana (S2) di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan program studi Manajemen Pendidikan. Gelar S2 berhasil diraih karena Andang mendapat beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 2013.

 

Sepulang dari masa studi tahun 2015, Andang langsung menyesuaikan kembali dengan status sebagai guru. Selang satu tahun kemidian tepatnya tahun 2016 dirinya dipercayakan menjadi Kepala Sekolah di SDN Andoluto di Kec. Latoma. Pengabdiannya pada salah satu daerah terpencil inilah membuatnya begitu mengenal kesenjangan yang terjadi di daerah kota dan pelosok Konawe.

 

Ketgam : Andang Masnur dari anak sekolahan, Aktivis Mahasiswa hingga Komisioner KPU Konawe

Semasa berstatus sebagai guru dan Kepsek ini, Andang menjadi salah satu Tim Penyusun Soal UN SD baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Nasioal dari tahun 2015-2017. Selain itu dia juga diketahui aktif berorganisasi dengan menjadi pengurus PGRI  dan Pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Ketertarikan terlibat dalam dunia pemilu dimulai sejak pemilihan umum pada tahun 2009. Bekerjasama dengan KPU Konawe yang saat itu dinakhodai oleh Sukiman Tosugi, Andang bersama KOMPAK menjadi relawan Pemilu Contreng saat itu. Berkeliling di pasar-pasar dan tempat ramai di Konawe, mereka mensosialisasikan bahwa pemilu saat itu tidak lagi dengan mencoblos tetapi dengan cara dicontreng.

 

Tahun 2012 Andang kemudian terlibat sebagai penyelenggara pemilu, Andang menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kecamatan Abuki pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemilihan Gubernur saat itu. Kemudian 2013 menjadi PPK pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Konawe dan PPK pada Pemilu 2014.

 

Pengalaman sebagai penyelenggara tersebutlah yang mengantarkan Andang menjadi salah satu dari 5 komisioner KPU Kab. Konawe periode 2018-2023. Dipercaya sebagai Divisi SDM dan Parmas Andang bertekad mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kab. Konawe.

 

Sehingga, tanpa mengenal lelah, ayah satu anak ini pun turun langsung ke kecamatan-kecamatan yang ada di Konawe untuk memastikan tidak ada celah sedikit pun dari penyelenggaraan Pemilu di Konawe ini.

 

Selamat ulang tahun saudara, semoga selalu diberi nikmat kesehatan dalam mengemban amanah sebagai salah satu ponggawa Pemilu di Konawe.(**)

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Program Ketahanan Pangan, Pemdes Ranotundobu Salurkan Beras dan Mesin Pemotong Rumput

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Maksimalkan penggunaan Dana Desa, Pemerintah Desa T.A 2024, (Pemdes) Ranotundobu, Kecamatan ...

error: Content is protected !!