Komitmen Berantas Pungli, Konawe Diganjar Penghargaan Sebagai UPP Kabupaten Terbaik

Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM (kedua dari kanan) saat menerima Penghargaan sebagai UPP Kabupaten terbaik dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui UPP Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Febri Nurhuda

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Kabupaten Konawe kembali menorehkan prestasi membanggakan sebagai Unit Pemberantasan Pungli (UPP) setelah berhasil memberantas praktek pungli dalam perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru tahun 2023.

Atas prestasi tersebut, Kabupaten Konawe diganjar penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia melalui Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Komitmen anti pungli di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe ini menjadikan daerah lumbung beras Sultra ini sebagai UPP Kabupaten terbaik tahun 2023.

Kombes Pol Harry Ganda Butar Butar, S.IK saat membawakan sambutan Ketua Saber Pungli Sultra, Kombes Pol Yun Imanullah, S.IK

Ketua UPP Provinsi Sultra yang juga merupakan Irwasda Polda Sultra Kombes Pol Yun Imanullah, S.IK dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kombes Pol Harry Ganda Butar Butar, S.IK mengatakan Kemenkumham Ri memberikan penghargaan kepada tiga UPP terbaik di Indonesia, salah satunya adalah UPP Sulawesi Tenggara.

“Tiga provinsi yang mendapatkan penghargaan ini adalah UPP Jawa Barat, UPP Jawa Tengah dan UPP Sulawesi Tenggara,” beber Kombes Pol Harry, Jum’at 2 Februari 2024 di Unaaha.

Kombes Pol Harry menyebut, untuk Sulawesi Tenggara penghargaan ini didapatkan atas keberhasilan UPP Kabupaten Konawe dalam melakukan operasi tangkap tangan (OTT) dengan nilai terbesar dalam proses perekrutan PPPK Guru di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe.

Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM saat memberikan sambutan

“Bisa dikatakan UPP Kabupaten Konawe menjadi Kabupaten terbaik dari 416 Kabupaten se-Indonesia,”kata Kombes Pol Harry.

Di tempat yang sama, Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan bagi daerah. Namun kata dia, di sisi lain penghargaan ini menjadi beban berat yang harus dipertahankan ataupun ditingkatkan.

“Mengutip perkataan Pj Gubernur, penghargaan bukan hanya karena seremoni yang dipamerkan
namun sebuah amanah yang harus dijaga,” terang Harmin Ramba.

Kepala Kesbangpol Sultra ini menjelaskan bahwa pungli merupakan musuh bersama yang harus dimusnahkan karena merusak sendi-sendi kehidupan.

Sesi Foto bersama usai penyerahan penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia di Aula BKPSDM Kabupaten Konawe

“Saya berkomitmen, dalam era kepemimpinan saya, pungli tidak ada lagi. Kita berantas bersama bahkan jika ada Tim Saber Pungli yang menemukan dugaan tersebut, kita jebak dan kita berikan efek jera,” tegasnya.

Dengan spirit pencegahan dan pemberantasan pungli, Pemkab Konawe mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penghargaan yang diberikan oleh Kemenkumham RI melalui UPP Sulawesi Tenggara.

“Kepada semua OPD, ini merupakan komitmen kita bersama untuk melakukan mitigasi, pencegahan dan pemberantasan pungli di daerah kita,” pungkasnya.

Diketahui kegiatan seremoni tersebut turut dihadiri oleh Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.IK, Perwira Penghubung Kodim 1417 Kendari Letkol Inf Azwar Dinata, SH, Sekda Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH serta pejabat eselon II lingkup Pemda Kabupaten Konawe***

Editor: Redaksi

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

About redaksi

x

Check Also

Gelar Hearing, DPRD Konawe Rekomendasi Kades Tamesandi Tandatangani Administrasi Lahan Warga

SUARASULTRA.COM.| KONAWE – Respon terhadap aspirasi masyarakat, Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe menggelar ...