Jelang Pembukaan, Bupati Konawe Pantau Kesiapan Stan Konawe Expo

  • Share
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat meninjau kesiapan stand pemeran Konawe Expo ke-60. Foto: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat meninjau kesiapan
stan pemeran Konawe Expo ke-60. Foto: Sukardi Muhtar

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Konawe Expo dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke – 60 tahun akan dibuka oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, S.H., besok, Sabtu 29 Februari 2020.

Untuk memastikan suksesnya kegiatan yang dimaksud, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa turun langsung meninjau kesiapan Stan Pameran Konawe Expo di Bumi Perkemahan Eksekutif Sulemandara Kecamatan Pondidaha, Jumat (28/2/2020).

banner 336x280

Di tempat tersebut, Kery didampingi Wakil Bupati Gusli Topan Sabara, ST, MM, Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Ferdinand Sapan, Ketua Panitia Dr. Suriyadi, dan Kabag Humas dan Protokol Dr. Herianto Wahab. Satu persatu stand pameran disambangi. Mulai dari Stand Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masuk kelompok Dinas Kemakmuran, Dinas Administrasi sampai Stand Kecamatan.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat meninjau stan pameran Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan

Selain meninjau kesiapan stan pameran, bupati dua periode ini juga meninjau kesiapan lapangan dan sarana pendukung lainnya. Seperti panggung utama, tenda para komunitas otomotif serta kesiapan jalur Touring Wisata.

Dalam kesempatan tersebut Kery memberikan arahan kepada tiga Kepala Dinas yang masuk dalam kelompok Dinas Kemakmuran. Yakni Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Ir. Syahrudin, M.Si, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Jumrin, S.Pt dan Kadis Kelautan dan Perikanan H. Gunawan Samad, SP.

Khusus Kepada Dinas Tanamam Pangan (Pertanin), Kery perintahkan agar menginventarisasi jumlah bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang telah digelontorkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk peningkatan produksi pertanian.

Bupati Konawe usai melihat sapi bantuan yang dipamerkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe

“Coba dihitung sudah berapa Alsintan yang telah disalurkan kepada kelompok tani kita. Sehingga ke depan bisa kita hitung kekurangannya,” kata Kery.

Selain itu lanjut Kery, Dinas juga harus memberikan penjelasan secara lengkap kepada pengunjung bagaimana cara bertani yang baik dan bagaimana caranya masyarakat dapat mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Harus dijelaskan bagaimana caranya membuat proposal bantuan untuk mendapatkan bantuan Alsintan, bibit dan lainnya. Termasuk itu Hand Tractor harus didata kembali,” pesan Kery kepada Kadis Ketahanan Pangan, Hortikultura dan Perkebunan.

Bupati Konawe memantau langsung perbaikan jalan dan lapangan di lokasi Konawe Expo ke – 60 tahin di Bumi Perkemahan Eksekutif Sulemandara Kecamatan Pondidaha

Diketahui. Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kelautan dan Perikanan merupakan Dinas Unggulan Kery – Gusli. Program “Konawe Gemilang” yang didorong atau dijadikan skala prioritas di tiga dinas tersebut yakni Program Sejuta ton beras (Pertanian), Sejuta Sapi (Peternakan), dan Seribu Kolam (Perikanan).

Pada pelaksanaan Konawe Expo ke – 60 tahun 2020 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe mendorong peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Di lokasi Konawe Expo tersebut, Pemerintah Daerah menyiapkan pasar rakyat. Ini sebagai wujud kepedulian pemda Konawe terhadap usaha kecil dan menengah.

Pemerintah daerah juga membuka Wisata Kuliner pada pameran tahun ini. Selain memggerakkan roda perekonomian warga, pengunjung di lokasi pameran akan dimanjakan dengan berbagai makanan khas daerah.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat meninjau jalur Adventure

Bukan hanya itu, menurut Dr. Suriyadi selaku ketua panitia Konawe Expo ke -60, pameran ini merupakan panggung bagi pemerintah daerah untuk menunjukkan keberhasilan dalam program pembangunan. Kinerja pemerintah daerah akan dipamerkan pada KONAWE EXPO ke- 60 ini.

“Pemeran ini juga ada aspek bisnisnya, seperti sektor Pertanian dan Perikanan ada beberapa produk yang bisa dijual, langsung diperdagangkan di situ. Dinas terkait juga akan mengedukasi pengunjung bagaimana cara mengembangkan usaha di tiga sektor unggulan kita,” ungkap Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe ini.

Laporan: Sukardi Muhtar

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive
banner 120x600
  • Share
error: Content is protected !!