Didaulat Membuka Rapat II Majelis Sinode, Rusdianto Minta Kerukunan Antara Umat Beragama Dijaga

Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, SE, MM memukul Gong sebagai tanda Rapat II Majelis Sinode Resmi dibuka

SUARASULTRA.COM | KONAWE – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Rusdianto, SE, MM secara resmi membuka Rapat II Majelis Sinode atau kumpulan Gereja Protestan Sulawesi Tenggara (Gepsultra) Tahun 2023, Rabu 18 Januari 2023.

Pembukaan Rapat II Majelis Sinode tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Rusdianto dan disaksikan langsung oleh Ketua Gepsultra, Asisten II Setda Konawe, Camat Unaaha, Kapolsek Unaaha serta para pendeta.

Sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan Tarian Penyambutan Khas Suku Tolaki yakni Tarian Mondotambe. Kemudian dilanjutkan dengan pengalungan bunga kepada tamu dari Pemerintah Daerah.

Tamu kehormatan saat disambut dengan Tarian Mondotambe

Selain membuka secara resmi kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari (Rabu s/d Jumat) tersebut di salah satu hotel di Kota Unaaha, Wakil Ketua DPRD Konawe juga didaulat untuk memasangkan tanda peserta kepada dua orang yang ditunjuk oleh panitia.

Dalam sambutannya, Rusdianto memohon maaf kepada seluruh peserta Gepsultra karena Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut. Kata dia, Bupati dan Sekda Konawe masih ada kegiatan lain yang tidak bisa diwakilkan.

“Mewakili Pemerintah Daerah saya ucapkan selamat datang di Konawe untuk seluruh peserta. Dan saya yakin ini adalah respon baik dari Pemda Konawe yang sudah menerima para peserta Rapat Gepsultra yang akan melaksanakan kegiatan selama tiga hari di sini,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, SE, MM mendapat pengalungan sarung dari panitia

Wakil ketua DPRD Kabupaten Konawe Rusdianto SE MM menjelaskan bahwa selama ini hubungan antara umat beragama di Kabupaten Konawe cukup baik. Ini terlihat saat ada kegiatan keagamaan, dari agama lain itu datang membantu, baik pengamanannya hingga infrastruktur hari raya tersebut.

“Salah satu contoh, di hari raya idul fitri di Kabupaten Konawe yang turut menjaga keamanan itu dari Pecalang atau sosok paling disegani saat Nyepi di Bali. Sebaliknya, di kegiatan Natal, ada Banser yang turut membantu pengamanan dengan teman teman kepolisian,” jelasnya.

Bahkan, masih kata Rusdianto, Kabupaten Konawe adalah salah satu daerah di Sultra yang tidak pernah ada gesekan antara umat beragama. Sehingga sudah sangat tepat memilih Kabupaten Konawe untuk tempat kegiatan Gepsultra 2023.

Ketua DPC Partai PDIP Konawe ini berharap kegiatan yang bakal berlangsung selama tiga hari ini bisa berjalan dengan baik. Apalagi di kegiatan tersebut hadir juga aparat keamanan dari Polsek Unaaha yang mewakili Kapolres Konawe dan juga Pemerintah Kecamatan dalam hal ini Camat Unaaha.

Wakil Ketua DPRD Konawe memasangkan Tanda Peserta kepada perwakilan yang ditunjuk oleh panitia

“Tolong pak Kapolsek dan Camat Unaaha untuk menjaga dan mengawasi kegiatan ini, karena ini membawa nama daerah kita. Jangan sampai pulang dari Konawe ada cerita buruk dari para peserta kita pada hari ini. Kami mohon pak Kapolsek untuk mengawal kegiatan ini,” tandasnya.

Selanjutnya, atas nama pemerintah daerah Rusdianto mengharapkan untuk yang ditunjuk mewakili Umat Kristiani di Kabupaten Konawe itu orang yang betul-betul bisa berkomunikasi dengan umat.

“Kalau yang kita tugaskan di tempat itu salah memberikan pemahaman kepada umatnya masing-masing. Maka ini tentu bisa menimbulkan gesekan antara umat. Tapi sebaliknya, bila ia bisa memberikan pemahaman dengan baik, maka gesekan yang terjadi bisa teratasi,” pungkasnya.

Diketahui, Rapat II Majelis Sinode Gepsultra yang berlangsung sejak 18 hingga 20 Januari 2023 ini mengangkat tema “aku yang awal dan yang akhir (BDK Wahyu 22:13) bersama seluruh warga Gepsultra memperkokoh NKRI.

Laporan: Sukardi Muhtar

About redaksi

Leave a Reply

x

Check Also

Danlanud Tinjau Lokasi Kunjungan Presiden di Bendungan Ameroro, Sekda Konawe: Pemda Sudah Melakukan Persiapan

SUARASULTRA.COM | Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH mengatakan Pemerintah Kabupaten Konawe Provinsi ...